inspirator bijak, wiser is better
Kategori

AMARAH VS HADIAH

image

Seorang kepala bagian baru saat itu ditempatkan di sebuah kantor.  Dirinya merasa perlu mengenali budaya, watak, dan karakter orang-orang di kantornya yang baru itu.  Beberapa orang mulai dia kenali.  Hanya saja ada satu orang perempuan setengah baya yang memiliki karakter yang cukup unik.  Wanita ini sering marah-marah meskipun itu kepada atasannya sang kepala bagian, sebutlah namanya Triono.

Pak Triono ini berkali-kali mendapati sang ibu sebutlah namanya Mawar, bersikap tidak kondusif. Sering mangkir dari kantor, jika diberitahu maka seolah tidak ingin mendengar instruksi atau himbauan dari atasannya ini.  Berbagai cara telah dilakukan oleh pak Triono, namun hasilnya tidak begitu bagus.  Malah sifat marah-marahnya bu Mawar makin menjadi-jadi.  Satu hari, kakinya sengaja disimpan di atas meja di hadapan pak Triono.  Pak Triono merasa ini sudah keterlaluan. Namun demikian, pak Triono masih saja sabar dengan kondisi tersebut. Dia tetap berpikir baik, mungkin ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menaklukan ibu ini.

Ketika pulang kampung, pak Triono belanja di sebuah pasar yang menjual kain-kain batik.  Lalu teringatlah pak Tri dengan sang ibu yang suka marah-marah itu di kantornya.  Maka dibelilah kain batik yang bagus untuk dihadiahkan pada sang ibu.  Harapannya pak Tri itu akan membuat hubungan dengan bawahannya itu menjadi lebih baik.

Saat di kantor, pak Triono memberikan kain batik itu untuk ibu Mawar.  Apa responnya ? sang ibu sangat berterima kasih, malah sebelumnya dia ingin membayar sejumlah uang atas kain batik yang bagus tersebut.  Setelah pemberian hadiah itu, ternyata ada perubahan yang besar pada diri bu Mawar.  Sikapnya pada pak Triono jadi sangat hormat.  Kerjanya makin baik karena beliau merasa dianggap sebagai rekan dan sahabat daam pekerjaan.  Pak Triono bersyukur dengan perubahan ini. Ibu Mawar yang tadinya sering marah-marah di kantor itu kini jadi berubah, hidupnya jadi lebih sehat karena kini malah seringnya manjadi banyak tersenyum.

Ada yang lebih mengharukan. Pak Triono saat dipindah dari kantor itu, ternyata ibu Mawar memberikan kenang-kenangan yang lebih indah pada pak Triono, meskipun ibu itu sudah pensiun saat pak Tri pindah kerja.  

Amarah dilawan amarah bisa jadi hal yang lumrah dan berakibat parah.  Namun jika amarah dilawan dengan hadiah ... ternyata jalinan hubungan menjadi lebih indah. Alhamdulilah

Fri, 7 Apr 2017 @05:27


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

fan page Wise to Win

facebook

 

 

 

 

 

twitter
fan page Wise to Win
Copyright © 2021 INSPIRATOR BIJAK · All Rights Reserved | powered by sitekno