inspirator bijak, wiser is better
Kategori

KEDEKATAN

image

Kedekatan menjadi sebuah kebutuhan.  Kedekatan antara orang tua dengan anak atau sebut saja kedekatan antara rekan kerja di sebuah kantor.  Di sisi  yang lain sebuah kedekatan bisa jadi sebuah kendala dalam sebuah organisasi.  Apa manfaat kedekatan ? adakah efek buruk dari sebuah kedekatan dalam sebuah organisasi ?

Orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya terkadang sulit membagi waktu dengan anak dan istrinya.  Kesibukan ini sering menyebabkan kedekatan di antara mereka menjadi tak terbentuk dengan baik.  Kedekatan antar anggota keluarga sangat penting untuk menjadikan sebuah keluarga adalah keluarga yang baik, bahagia dan terkontrol.  Banyak anak-anak yang mencari kebahagiaan dengan mencari kedekatan-kedekatan lain di luar rumahnya.  Tidak heran muncul masalah, anak-anak menjadi dekat dengan lingkungan yang tidak baik.  Lingkungan yang buruk inilah yang membuat anak menjadi pecandu narkoba, sex bebas, kelompok pembuat onar dan beberapa penyakit masyarakat lainnya.  Perlunya pemahaman yang mendalam bahwa sesibuk-sibuknya orang tua perlu menciptakan iklim kedekatan yang erat dan berkualitas dengan anak-anak sehingga anak merasa nyaman dan tentram bersama keluarganya.

Kedekatan antar pegawai di sebuah kantor dapat membuat kantor menjadi lebih kondusif.  Tiap-tiap pegawai di kantor tersebut selain memahami posisi masing-masing berikut tugas-tugasnya, jika ditopang dengan kedekatan akan membuat program atau tujuan kantor menjadi lebih mudah dicapai.  Tentu saja perlu dicatat bahwa kedekatan yang dimaksud dalam lingkungan kantor adalah kedekatan dalam kebaikan.  Bisa saja terjadi muncul kedekatan namun yang terjadi adalah kedekatan dalam keburukan.  Kedekatan dalam keburukan bisa disebut sebagai sebuah persekongkolan jahat untuk melakukan misi pribadi atau misi beberapa orang yang membahayakan kelangsungan hidup perusahaan.

Bagaimana dengan kedekatan antara guru dan murid ? ketika penulis bersekolah di sekitar tahun 80-90 an, terasa bahwa hubungan antara guru dan murid adalah hubungan yang sangat formil.  Kedekatan di antara guru dan murid tidak begitu erat karena menganggap guru adalah orang tua yan berbeda dunianya.  Berbeda dengan saat ini di era milenium, guru dan murid tampak lebih akrab kedekatannya.  Beberapa siswa tampak ceria berpoto selfi bersama gurunya sebagai sebuah simbol kedekatan antara guru dan murid.  Tentu saja jaman memang telah berubah, jika guru masa kini masih menerapkan pola lama, tujuan pembelajaran akan sulit dicapai.  Kedekatan antara guru dan murid punya peran penting untuk memajukan pola didik.

Namun demikian, faktor kedekatan memiliki hal yang perlu dicermati sehingga sebuah kedekatan tidak menimbulkan efek yang tidak baik.  Sebuah contoh kasus di sebuah perusahaan.  Pimpinan perusahaan memilih staf-staf nya adalah dari keluarga dekatnya.  Sebutlah itu misalnya anaknya adik atau kakak, sepupu dan lain-lain.  Sang pemimpin perusahaan rupanya sungkan dengan ulah beberapa anggota keluarganya yang tidak bertindak profesional dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.  Apa yang terjadi ? perusahaan menjadi mandek dan tidak berjalan dengan baik.  Penunjukan manager bukan ditentukan oleh prestasi tetapi karena faktor kedekatan keluarga.  Tentu saja para pegawai yang telah bekerja baik yang bukan anggota keluarag sang boss manjadi tertutup karirnya, pada akhirnya pindah ke lain perusahaan.  Hilanglah potensi-potensi terbaik perusahaan itu. Lama-lama kesungkanan efek dari kedekatan ini malah menghancurkan perusahaan.  Sebuah efek kedekatan yang perlu disikapi lebih tegas.

Kedekatan adalah sebuah kebutuhan.  Hal yang menguatkan statemen ini kita ambil contoh yang lain. Contoh itu  adalah kedekatan antara artis dengan para fans-nya.  Kedekatan ini menjadi sebuah potensi yang perlu dipelihara oleh para bintang.  Nama sang bintang akan tetap baik dengan membangun kedekatan secara periodik, bisa melalui jumpa fans, atau membuat akun di sosial media.   Seorang bintang jika sudah meninggal sekalipun, kedekatan itu tetap terjalin.  Dapat kita ambil seorang bintang dari Bandung yang sudah lama meninggal, namun kedekatan antara sang bintang dengan fans tetap terjalin baik.  Fans Nike Ardilla kita lihat tetap rutin membuat acara-acara untuk mengenangnya.  Di luar negeri tentu lebih banyak pula bintang-bintang yang sudah lama meninggal tapi kedekatan itu tetap terbentuk.  Bebarapa nama itu diantaranya band The Beatles, Elvis Presley, Michael Jackson dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bicara tentang kedekatan antara satu orang individu dengan individu yang lain, atau antar individu dengan sebuah kelompok tidak akan ada habisnya.  Bicara kedekatan adalah juga bicara tentang cinta.  Kedekatan muncul karena telah muncul adanya rasa cinta, suka dan rasa kesamaan.  Kedekatan yang terikat kuat akan tetap terjalin sepanjang masa.  Betapa kita lihat akhir-akhir ini begitu banyak acara reunian dengan teman – teman sekolah lama yang booming sebagai efek dari kecanggihan sosial media.  Kedekatan itu begitu berdampaknya. 

Kedekatan adalah sebuah kebutuhan, yang perlu dicatat adalah kedekatan tetap perlu dijaga dengan memelihara kedekatan antara saudara-saudara yang dekat dulu.  Jangan sampai membangun kedekatan dengan yang jauh malah menjadikan kedekatan dengan yang dekat malah menjadi jauh. Kuatkan dulu kedekatan dengan yang dekat baru bangun kedekatan dengan yang jauh.

Judul Tulisan ini terinspirasi dari lagu dengan judul Closer dari chainsmoker, untuk mengurai tentang cara yang lebih dekat sehingga menjadi sebuah kedekatan yang berkualitas tinggi.

 


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

fan page Wise to Win

facebook

 

 

 

 

 

twitter
fan page Wise to Win
Copyright © 2021 INSPIRATOR BIJAK · All Rights Reserved | powered by sitekno