inspirator bijak, wiser is better
Kategori

UJI EMOSI SANG SOPIR TAKSI

image

Hari yang seru. Saya putuskan menggunakan taksi dari hotel menuju tempat pelatihan di pagi itu. Setelah beberapa saat menunggu, akhirnya datanglah taksi yang berwarna biru. Sang sopir menyapa dengan senyum yang agak kaku.

Saya sampaikan tujuan saya adalah sekitar gedung nestley di kawasan TB Simatupang. Sang sopir mendengarnya namun dengan respon yang sedikit bingung. Lalu saya tanya “tahu kan tempat itu ? itu gedung besar dan terkenal.” Dengan tenang sang sopir menjawab, “mohon diarahkan saja jalannya mas “ .... joss rasanya mengena di jantung ini hehe .... bagaimana bisa, ini sopir taksi tidak tahu jalan atau gedung yang penumpang tuju.

Beberapa saat mobil bergerak. Saya masih dalam kondisi kaget, selanjutnya saya kesal, marah atau malah tertawa belum diputuskan. Sesaat berpikir, saya butuh waktu cepat untuk sampai tujuan eeeh .. ini sopirnya malah tidak tahu jalan, saya pun belum punya waze penunjuk jalan di gadget. Duh !!! Namun demikian di sisi lain, tetap muncul dorongan untuk tetap “stay cool”. Mencari sisi lain tentang diri sang sopir ini hingga diri ini tetap memberikan respon yang bijak.

Lalu munculah sebuah pemikiran. “mantap sekali sopir ini, tidak tahu jalan di jakarta tapi mau jadi sopir taksi. Dia seorang pemberani”. Setelah itu saya ajak dia ngobrol. Dapatlah info tambahan bahwa dia baru 3 bulan menjadi sopir taksi setelah sebelumnya jadi sopir angkot. Dia punya prinsip, sambil jalan saja menghapal jalan-jalan dan gedung-gedung di Jakarta. Katanya, “jika saya nunggu sampai hapal semua jalan untuk jadi sopir taksi, kelamaan mas, dapur perlu tetap ngebul, anak-anak perlu tetap bayaran untuk sekolahnya”. Akhirnya saya pun tersenyum dalam pemahaman yang dalam. Selanjutnya bareng-bareng dengan sang sopir menemukan rute jalan menuju lokasi sampai akhirnya kami pun sampai ke tempat tujuan.

Sikap terbaik memang perlu keluasan pikiran. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui apa sebenarnya yang terjadi, apa yang ada di balik setiap kejadian. Pikiran yang memahami akan berimbas pada kelapangan hati. Sikap kita akan selalu terjaga.

Sungguh hari yang seru ....

www.inspiratorbijak.com

Buku : Wise to Win, Masih Perlukah Berkata Bijak


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

fan page Wise to Win

facebook

 

 

 

 

 

twitter
fan page Wise to Win
Copyright © 2021 INSPIRATOR BIJAK · All Rights Reserved | powered by sitekno