inspirator bijak, wiser is better
Kategori

DIKENANG KARENA KARISMA

image

Jika sobat-sobat ditanya tentang tokoh berkarisma yang menginspirasi anda, mungkin akan disebut nama-nama beken seperti Bung Karno, Obama, Kennedy, Beckham dan nama-nama lainnya.  Namun jika itu ditanyakan kepada saya, ternyata saya punya jawaban yang sedikit berbeda.

Saya pernah mengikuti training Leadership Charisma dibawah bimbingan Fay Irvanto.  Banyak yang dipelajari dalam training tersebut untuk membentuk diri kita menjadi pribadi yang berkarisma baik dari sisi konten maupun konteks.  Salah satu ciri pribadi yang berkarisma adalah tampak elegan, goodlooking dan meyakinkan ketika berbicara di depan publik.

Ketika masih duduk di kelas 2 sekolah dasar, saya sering berkeliling komplek dan bertemu dengan banyak tetangga.  Dari sekian banyak orang tua, ternyata mata saya melihat saat itu yang tampak keren, kalem dan berwibawa adalah seorang bapak yang bernama pak Enjum.  Mengapa saya tertarik dengan gaya pak Enjum ? karena beliau sering menggunakan jas, bersepatu necis, berpeci hitam dan berkumis tipis.  Selain itu yang tampak semakin mantap adalah beliau sering menggunakan mobil mercy.  Saat itu tahun 1980 an, hanya orang tertentu saja yang menggunakan mobil mewah itu.

Di satu saat, saya berbincang dengan orang tua di rumah.  Tiba-tiba saya menyampaikan kekaguman saya pada pak Enjum karena beliau orangnya kaya dan berkarisma.  Ayah saya bertanya, “dari mana tahu, pak Enjum itu kaya ?”. Langsung saya jawab dengan polosnya, “lho itu kan sering pake mercy”. Ibu saya tersenyum dengan bijaknya, kemudian berkata,”memang pak Enjum itu tampilannya rapi dan bersih, karena pekerjaannya adalah sopir pribadi, lalu mobilnya bukan miliknya tapi milik bos-nya yang seorang pekerja asing”. Saya hanya melongo .... , ayah saya pun tersenyum.

Jadi jika ditanya siapa salah seorang tokoh berkarisma yang menginspirasi saya ? maka jawaban saya adalah pak Enjum dari Cipaganti.  Beliau yang sopir pribadi pekerja asing, mungkin diajarkan oleh atasannya untuk berpenampilan baik sehingga menimbulkan efek karisma.  Terbukti saya yang kini sudah 40 tahunan, masih saja mengingat gaya penampilan dan bicara pak Enjum. Saat saya masih duduk di kelas 2 sekolah dasar, tentu belum tahu apa itu karisma, yang jelas penampilan dan pembawaannya sungguh memberikan saya image yang baik dan tetap saya kenang sepanjang masa.

fan page Wise to Win

facebook

 

 

 

 

 

twitter
fan page Wise to Win
Copyright © 2021 INSPIRATOR BIJAK · All Rights Reserved | powered by sitekno