inspirator bijak, wiser is better
Kategori

Tutup Usia

image

Nenek saya yang mampu bertahan di usia sembilanpuluhan, di awal Juni ini wafat.  Kami tentu berduka.  anak-anaknya yang masih hidup memberikan penghormatan yang terkahir.  tentu saja yang paling ditunggunya adalah aliran doa dari anak-anaknya untuk ketenangan dan kebahagiaannya di alam kubur dan hari akhirat nanti.

Tutup usia adalah sebuah kepastian, tak ada yang bisa menolak. Semua punya jatah masing-masing.  Namun demikian jatah usia orang dulu dengan sekarang agak berbeda. Dulu para orang tua kita usia wafatnya bisa sampai 90 atau 100 tahun.  Coba kita lihat kini, rata-rata 50 sd 60 tahun.

Pola hidup bisa jadi faktor yang menyebabkan mengapa jangkauan usia menuju tutup usia menjadi berbeda.  Salah satu diantaranya adalah pola makan dan pola kerja.  Bisa jadi saat ini orang terpacu dengan berbagai target menyebabkan hidup jadi lebih stress dan penuh dengan ketidaktenangan.  Pola makan mungkin menjadi faktor pemicu pula. Betapa banyak zat-zat makanan yang berbahaya bagi tubuh sudah dikonsumsi sejak anak-anak, sehingga kini munculah banyak jenis penyakit yang mendera.

Bagaimanapun juga pada akhirnya usia akan ada habisnya, termasuk usia dunia ini.  Masihkah kita berkutat pada hal-hal yang fana ? sudahkah kita sangat menyadari bahwa target kita adalah sebuah kebadian hidup di akhirat nanti ? apa yang telah menjadi fokus kita dalam kehidupan ini ?

Semoga pertanyaan-pertanyaan tersebut membawa kita semua pada upaya penyadaran akan hidup yang lebih bermakna.

fan page Wise to Win

facebook

 

 

 

 

 

twitter
fan page Wise to Win
Copyright © 2021 INSPIRATOR BIJAK · All Rights Reserved | powered by sitekno